Monday 6 May 2013

TENTANG PEMASTERAN BURUNG BERKICAU


Beberapa hal penting yang harus kita ketahui Tentang Pemasteran Burung Berkicau adalah:

A. Penggunaan Suara yg cocok
Gunakan master (burung master) yang memiliki tipe suara dan tipe lagu yang COCOK dan SESUAI dengan tipe suara dan tipe lagu burung yang akan kita master.

B. Waktu ideal
Dalam pemasteran adalah minimal 4 jam perhari. Semakin sering dan semakin lama akan semakin baik hasilnya.

C. Mengatur Jarak Ideal
Atur jarak burung master (suara master) dengan burung yang akan di master, jarak ideal adalah 2-6 meter.

D. Hindari pemasteran secara over.
Artinya jangan master burung master dengan terlalu banyak burung master (suara master) dalam waktu yang bersamaan.
Pantau dan pilih baik-baik burung master sebelum memutuskan untuk membelinya. jangan terpancing dan jangan pernah ikut-ikutan.
Dengarkan dahulu baik-baik lagu dan suaranya. Artinya, hindari punya burung master kalau jarang bunyi dan kalau bunyipun lagunya pendek-pendek fals.
Suara burung master harus jelas, speed interval sedang (tidak terlalu cepat/lambat), suara bersih, durasi bunyi panjang.
Pilih burung Rambatan yang tembakannya panjang-panjang dan speed jangan terlalu cepat.
Untuk hasil optimal, jangan lakukan permasteran untuk burung beda jenis yang beda lagu masternya. Bisa merusak lagu yang sudah ada.
Contoh sederhananya: Suara burung yang nembak lagu panjang Cililin membuat suaranya tembus naik jadi 2-3 lipat dari burung pada umumnya.
selain volume suara dan lagu burung master, pilih PITCH burung master yang lebih tinggi. Ini sangat penting, karena semakin tinggi pitch akan membuat lagu menjadi lebih dinamis tidak monoton.
Suara deru mesin, suara gemuruh, suara hujan dan suara bernada ramai lainnya merangsang burung untuk berkicau minimal ngeriwik. Karena suara-suara tersebut mengandung frekuensi suara yang komplek (rendah-sedang-tinggi) sehingga membentuk pola suara gelombang otak, contohnya ALPHA dan BETA, otak burung akan merespon gelombang-gelombang tersebut.

E.THERAPY DENGAN AIR MENGALIR
Seperti diketahui burung hidup nya senang di dekat sungai atau air mengalir, untuk mandi maupun mencari makan dan berkembang biak.
Untuk burung yang kita pelihara dapat di therapy di dekat suara air mengalir sehingga dapat membuat rilex dan tidak mudah stress, bahkan bisa mempercepat untuk buka paruh, ngalas maupun ngeroll, misal nya bagi yg punya aquarium dpt di gantang dekat aquarium, atau di dekat kamar mandi dengan suara kran air yg mengalir

Comments
1 Comments

1 comment:

  1. Ekstra fooding alternatif pengganti jangkrik,ulat dan serangga hidup lainnya. Praktis, lebih higienis, teruji kandungan nutisinya dan terbukti di sukai burung berkicau. Klik link di bawah ini untuk info detailnya

    Ekstra fooding alternatif pengganti jangkrik,ulat dan serangga hidup lainnya

    ReplyDelete