Saturday, 4 May 2013

BURUNG KACER MBAGONG LAGI

Ngebagong atau Nguda Laut, bagi kacer sebenarnya memiliki beberapa tipe karakter.
1. kacer yang memang bermental tempe alias pengecut.
2. kacer yang masih berusia muda.
3. kacer yang sedang dalam kondisi terlalu birahi.
4. kacer yang sedang memasuki masa mabung (ganti bulu).
5. kacer yang sedang mengalami kondisi fisik ngedrop (akibat salah rawat atau kurang dirawat).
6. kacer yang mengalami trauma, akibat kecelakaan atau pernah sakit dalam waktu lama.
7. kacer yang mengalami kondisi stress bulu.
8. kacer yang sudah dalam kondisi jenuh (akibat terlalu sering dilombakan).
Penyebab kacer mbagong, Kacer mbagong penyebab kacer mbagong, ada faktor penyebab kacer mbagong salah satu penyebab kacer mbagong adalah mental nya down, selain itu penyebab kacer mbagong adalah salah perawatan nah untuk lebih mengetaahui penyebab kacer mbagong baca juga ni . Penyebab kacer mbagong :
1. Belum terbiasa ikuti ajang lomba dan tenanganya kurang.
2. Dari segi bawaan dia sudah sering bagong sehingga sebaiknya tidak dikutsertakan dalam lomba.
3. Salah saat perawatan, misalnya dalam hal mandi, jemur plus ekstra foodingnya. Kacer burung yang suka panas maka pemberian pakan seperti kroto sebaiknya sedikit saja atau kalau tidak dua hari sekali untuk meredam birahi yang berlebihan karena sifat dari burung kacer adalah fighter. Fooding burung kacer sebaiknya jangkrik saja sekitar 10-20 sehari karena tubuh jangkrik bersifat dingin dan lebih berpotensi untuk menjerihkan suara plus power.
4. Kacer kebanyakan krotodan jangkrik sehingga terlalu birahi dan kebanyakan bagong.
5. Kacer kebanyakan mandi sehingga akan mengundang birahi bagongnya karena si burung akan sering "didis" atau merawat bulunya sewaktu dijemur. Kacer cukup mandi sehari sekali.
6. Kacer terlalu sering dijemur sehingga saat lomba cepat habis tenaganya alias. Sebaiknya banyak kerodong agar banyak istirahat, agar nantin fit saat kontes.
sekian untuk Penyebab kacer mbagong baca juga ni cara memilih kacer yang bagus
Kondisi dimana kacer mbagong itu sendiri bisa saja dipicu oleh banyak hal yang diantaranya adalah :
Kurangnya birahi dari kacer yang bisa saja diakibatkan dari kekurangan EF atau vitamin, dan juga pola rawatan lain yang tidak teratur seperti rawatan mandi dan jemur.
Birahi yang terlalu tinggi pada kacer, dalam hal ini burung terlalu dipaksakan untuk naik birahinya sehingga ia akan bernafsu pada awal-awal lomba tetapi ditengah jalan kondisinya mengalami penurunan sehingga begitu mendengar suara burung yang kencang atau membuatnya 'keder' yang terjadi kemudian ia akan langsung pada kondisi mbagong.
Kondisi Mental dari burung itu sendiri, dalam kasus ini kacer yang memang sudah memiliki mental yang buruk ( bisa terjadi akibat stress atau trauma dan juga akibat perawatan lama yang tidak teratur atau asal-asalan) akan sangat sulit untuk dihilangkan dan untuk burung tipe ini banyak yang dikhususkan hanya sebagai burung peliharaan saja ( bukan untuk dilombakan).
Bagaimana mengobati kacer yang sudah terlanjur mbagong
dijelaskan beberapa terapi untuk mengatasi kacer bagong adalah dengan memberinya mandi pasir dan salah satu hal yang paling penting dalam penanganan kacer bagong adalah keteraturan atau konsistensi dari rawatan harian baik itau dari segi mandi - jemur dan juga pemberian Ekstra Fooding serta didukung dengan pemberian suplemen baik berupa vitamin atau mineral.
Pemberian EF atau Ekstra Fooding misalnya untuk kacer yang dalam kondisi bagong ini bisa dengan merubah kembali setelan pemberian EFnya misalnya dengan menaikan atau menurunkan porsi dari EF yang biasa diberikan sehari-hari atau menjelang lomba. dengan demikian bisa ditemukan setelan yang pas untuk mencegah burung kembali dalam kondisi bagong sewaktu diarena lomba.
Mandi malam teratur juga bisa memberikan sedikit perubahan pada kondisi birahi burung terlebih dalam kondisi mbagong.
Masalah kacer yang salto
Selain mbagong , permasalah lain yang kerap menghinggapi kacer adalah burung salto. disini ada berbagai penyebab dari kenapa burung menjadi salto diantaranya : penyakit bawaan, terlalu agresif ( Over Birahi ) dan kebiasaan burung.
untuk mengatasi masalah salto tersebut, tentulah bukan proses yang instan dalam artian burung harus dilatih dahulu agar bisa melupakan gerakan tersebut misalnya dengan cara memberikan tangkringan tambahan yang bisa mengurangi keinginan burung untuk salto atau juga dengan memasang tali kenur pada bagian atas sangkarnya
Begitulah beberapa informasi terkait permasalah yang kerap menghinggapi burung kacer yang kita pelihara, pada intinya dalam merawat burung kicauan agar didapat burung yang benar-benar bisa membanggakan pemiliknya tentulah dengan memberikannya perawatan yang konsisten, teratur dan didukung pula dengan pemberian vitamin dan suplemen untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dan gizi yang didapat dari pakan sehari-harinya, karena itulah kunci keberhasilan dalam perawatan burung kicauan.
Treatment untuk Kacer mbagong memang agak rumit. Karena apa yang seharusnya dilakukan pada kacer belum tentu bisa diterapkan pada Kacer yang lainnya. Perlu riset atau percobaan perawatan dan analisa serta pengamatan yang intensif.
Contoh perawatan kacer mbagong
1. Pengurangan porsi EF dan proses mandi serta jemur yang teratur.
2. Sering membawa Kacer ke arena lomba agar sang burung terbiasa dengan kondisi lomba.
3. Kacer mandi pasir. Biarkan dia berkipu, mandi pasir seperti sering kita lihat pada ayam dan burung dara. Pasir bagi Kacer berguna untuk menurunkan tingkat suhu tubuhnya, dan jika butiran pasir itu dimakan oleh sang Kacer, maka hal tersebut dapat membantu proses pencernaan. Ada trik yang biasa digunakan agar Kacer mau mandi pasir, yakni dengan tidak memandikannya selama beberapa hari, atau kita coba letakkan beberapa ekor jangkrik atau ulat kandang di pasir, diharapkan dengan adanya EF di pasir sang Kacer mau turun untuk mandi pasir. Perlu diwaspadai jangan sampai sangkar Kacer terbalik. Lakukan hal ini dua atau tiga hari sekali.
4. Mandikan Kacer lalu berikan jangkrik lima ekor, kemudian jemur kira-kira sampai jam 11.00 tanpa diberikan makanan dan air minum. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menambah ketebalan suara.
5. Setelah dijemur, gantang ditempat teduh dan diangin-anginkan, setelah agak lama masukkan voer, biarkan dia makan, air minum jangan diberikan dulu. Hal ini dimaksudkan agar lendir terbawa masuk saat dia makan.
6. Lima belas menit kemudian masukkan air madu kira-kira sebanyak setengah tempat minumnya. Biarkan sampai habis, baru kemudian ganti dengan air biasa.
7. Sore hari kembali dimandikan, lalu beri lima ekor jangkrik kemudian dikerodong agar Kacer bisa istirahat.
8. Berikan kroto kira-kira satu sendok teh dan diberikan setiap empat hari sekali.
Lakukan hal tersebut di atas setiap hari selama kurang lebih satu sampai dua minggu sambil diamati perkembangannya.
Banyak treatment khusus yang dilakukan para teman-teman KC Mania dalam mengatasi Mbagong pada burung kacer mereka, namun setiap treatment memiliki perbedaan yang siknifikan dengan hasil yang berbeda pula.
Penyebab dasar kacer Mbagong adalah kondisi kesehatan burung yang kurang baik.
Contoh hal :
1. Kacer pada awalnya kerja dengan baik namun dipertengahan pertarungan Mbagong = Over Birahi
2. Kacer dari awal sudah Mbagong dan sampai akhir pertarungan Mbagong = Kurang Birahi
3. Kacer pada awalnya Mbagong, dipertengahan Kerja dengan baik, dan akhirnya Mbagong = Kurang Birahi/Over Birahi
Sekedar wacana bagi kita :
- Over birahi namun kondisi fisik tidak memadai, maka yang akan terjadi point 1 dan 3 diatas!.
- Kurang birahi namun kondisi fisik tidak memadai, maka yang akan terjadi point 2 dan 3 diatas!.
Hal yang diatas akan sering diketemukan, dan faktor pencetusnya dikarenakan kondisi kesehatan burung yang memang kurang siap.
Untuk mengatasi mbagong pada burung kacer
Pertama-tama, anda harus memahami beberapa point penting dibawah ini, dengan anda memahami maka anda akan mengerti apa yang menjadi permasalahan dan sumber awal penyebab Mbagong pada kacer.
Pastikan bahwa burung kacer anda dalam kondisi sehat!, sehat pada burung kacer dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu :
A) Sehat secara Fisik, dan
Sehat secara Mental
A) Sehat secara fisik meliputi :
1) Mandi
2) Extra Fooding (Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, DLL)
3) Penjemuran
4) Umbar
5) Vitamin, mineral
Untuk penjelasan mari kita bahas ke 5 point yang telah saya sebutkan diatas!.
Untuk point 1 (Mandi) :
Pada umumnya burung kacer harus dimandikan secara terjadwal dalam hal ini adalah penting untuk memandikan burung kacer minimal 1 kali dalam sehari.
Untuk point 2 (Extra Fooding) :
Pemberian extra fooding pada burung lebih mengutamakan asupan protein yang membantu agar hormon estrogen dan hormon progesterone dapat bekerja secara optimal.
Kedua hormon ini berperan penting untuk merangsang burung dalam berkicau.
Untuk point 3 (Penjemuran) : Sangatlah penting untuk burung kacer memperoleh sinar matahari yang cukup dalam membantu memaksimalkan metabolisme yang terjadi didalam tubuh burung tersebut, maka perlu diperhatikan dalam proses penjemuran burung dilakukan secara baik dan benar, tidak berlebihan yang mengakibatkan burung mengalami stres akibat penjemuran yang over.
Untuk point 4 (Umbar) : hal ini sering menjadi kontroversi diantara sesama KC Mania yaitu baik tidaknya burung kacer diumbar, namun menurut pengalaman saya dan mempelajari sirklus alamiah bahwa pengumbaran merupakan hal yang penting untuk mendapatkan kondisi burung yang prima sesuai dengan apa yang diharapkan, mengapa saya katakan seperti itu?, karena pada dasarnya dialam liar burung kacer selalu terbang dan menempuh jarak
yang cukup jauh untuk dapat berburu makan sehari-hari.
Untuk point 5 (Vitamin, mineral) : pemberian multivitamin dan multi mineral adalah mutlak untuk burung peliharaan, kekurangan vitamin dan mineral akan menyebabkan beragam gangguan kesehatan pada burung, pemberian yang tepat dan dosis yang terukur akan dapat memberikan hasil yang baik.
Sehat secara mental meliputi :
1) Usia burung
2) Jam terbang (Dalam hal ini rutin latihan baik itu Latber,Latpres,Kontes,DLL)
Untuk point 1 (Usia Burung) :
Penting untuk diketahui bahwa umur yang mapan akan memberikan dampak yang postif karena pada dasarnya burung fighter jenis kacer mengenal istilah senioritas dalam hal umur.
Untuk point 2 (Jam terbang) :
Lakukan proses pelatihan yang terjadwal dan bertahap, dengan mengutamakan aspek kesehatan dari fisik burung kacer tersebut.
Maka dengan anda mengenal point-point yang sudah tersebutkan diatas maka anda sudah akan mengerti apa yang menyebabkan kacer anda mbagong.
Perlunya peran penting anda untuk memaksimalkan dari point A diatas dengan melengkapi semua yang dibutuhkan burung kacer anda!.
Perlunya kesabaran anda sebagai pemelihara untuk dapat memaksimalkan dari point B diatas, butuh kesabaran dan ketekunan karena pada point B ini merupakan waktu sebagai mediator prosesnya.
ANTISIPASI BURUNG KACER MBAGONG KUDA LAUT KARENA OVER BIRAHI
Permasalahan yang sering terjadi bila burung kacer over birahi adalah mbagong/kuda laut, berikut merupakan tips yang bisa anda pergunakan untuk mengantisipasi sifat mbagong muncul akibat over birahi.
Tips 1 yaitu :
Mandikan burung kacer dengan menggunakan air dingin.
Sediakan air dingin yang diperoleh dari kulkas dan masukkan kedalam spraying, semprot burung dengan perlahan dan lembut, semprot hingga burung basah kuyup dan mulai terlihat kedinginan.
Setelah proses pemandian kondisikan burung pada lokasi yang sejuk, perlu diingat pada saat proses memandikan burung sesuaikan waktu dan cuaca, dalam hal ini waktu yang tepat antara jam 08.00-09.00 atau jam 15.00-16.00.
Tips ke 2 yaitu :
Pemberian Uthulan pada burung kacer.
Sediakan seekor burung kacer dan upaya usianya lebih muda dibanding dengan burung kacer yang sedang over birahi, sekarang posisikan kedua kandang sejajar dan ganggu burung yang kita jadikan unthulan agar bergerak terbang didalam kandang, maka jika burung kacer anda sedang overbirahi maka burung akan menunjukkan sikap ingin menerkam burung uthulan, biarkan selamat 5-10 menit proses berjalan dan perlu untuk sobat KC Mania ketahui tips seperti ini dapat merusak bulu pada bagian ekor karena pada saat burung menempel pada jeruji sangat ekor akan menabrak, tapi saya lebih menyarankan hal ini karena terbukti efektif dapat menurunkan birahi dan mampu mengasah mental tarung dari burung kacer tersebut.
Tips ke 3 yaitu :
Pengumbaran dan Penjemuran
Untuk para sobat KC Mania yang ingin menggunakan tips yang satu ini, sobat KC harus terlebih dahulu memiliki kandang umbaran donk!!!… latih kacer untuk terbang didalam kandang umbaran dan perhatikan juga kondisi burung jangan sampai ngedrop hanya karena banyak terbang kesana-kesini.
Tips ke 4 yaitu :
Kurangi pemberian Extra Fooding
Pangkas porsi jangkrik dari jumlah total keseluruhan pemberian selama sehari, sebagai contoh jika pemberian 7 ekor P/S bisa dikurangi menjadi 4 ekor P/S, hilangkan sementara kroto dan ulat hongkong sebagai menu tambahan, berikan ulat bumbung banyak 2 ekor untuk menurunkan birahi dari burung kacer tersebut.
Dalam hal ini anda harus cermat dalam memperhatikan perubahan yang dialami burung apabila extra fooding dikurangi.
Ciri-ciri Kacer yang terlalu birahi yaitu sering bergerak ke samping sangkar sambil mematuki sangkar atau biasanya bertingkah tapi tidak mengoceh sama sekali, atau bisa juga karena terlalu birahi kacer tersebut mencabuti bulunya sendiri, atau kacer birahi terlihat bulunya menggelembung seperti orang bilang kuda lautan.
Tapi berikut ini ada salah satu cara agar Burung Kacer Anda tidak terlalu over birahi sehingga menjadi mbagong atau mbedesi, cara ini bisa anda coba setidaknya mengurangi birahi pada burung kacer anda.
Berikut ini salah satu agar Burung Kacer anda tidak terlalu birahi :
Pada burung Kacer yang terlalu birahi jangan diberikan extra fooding jangkrik, karena pemberian kroto saja sudah dirasakan cukup, Kroto banyak mengandung protein atau zat yang meningkatkan hormon progesteron dan estrogen yaitu hormon dalam tubuh yang mampu memacu birahi burung tersebut.
Tips untuk mengurangi birahi pada Kacer kesayangan Anda yaitu dengan merubah pola perawatan terutama dalam hal pemberian pakan.
Cobalah tips ini : Mulai hari senin sampai dengan hari jum’at berilah voer yang berkualitas merk boleh apa saja. Kemudian menjelang lomba berika menu khusus yaitu kroto.
Jika penampilannya masih tetap membandel cukup dibalik saja yaitu :
Senin hingga jum’at berikan kroto secukupnya kemudian menjelang lomba atau latihan berilah voer berkualitas. Mungkin saja cara ini cukup manjur dan konon katanya sudah banyak terbukti oleh para kacer mania.
Dalam kasus seperti ini proses penjemuran tidak terlalu berpengaruh. Jadi untuk penjemuran waktunya biasa saja.
Namun jika Kacer anda yang kondisinya terlalu birahi, sementara waktu bisa diistirahatkan atau diasingkan terlebih dahulu itu akan lebih baik, dan kalau bisa dimasukkan ke kandang umbaran dengan mengontrol porsi EF nya sampai kondisi kelihatan normal kembali, dan bisa dicoba latihan dengan beberapa burung kacer 4-5 burung, dan jangan dilombakan dahulu karena untuk menangani kacer ( mbagong/mbedesi ) dibutuhkan ekstra kesabaran bagi perawatnya.
Dan apabila Burung Kacer anda ingin Tampil Berjaya kembali, maka bersabarlah menghadapi kacer ( mbedesi / mbagong ), niscaya kacer jagoan anda akan kembali Tampil Bagus di Lapangan “ kalau tidak sabar bukan kejayaan yang kita dapat, bisa-bisa kacer jagoan anda akan pindah ke tangan dingin orang lain, dan tentunya kita akan sulit untuk mencari gantinya.
Salam kicau mania
Comments
1 Comments

1 comment:

  1. om...salam kenal. sy mau tanya, kl kc sy dket trotolan ngobra n buka isian. tp kl lihat orang bwa kc dari jauh aja udah ngebagong. itu knapa ya om. tlng solusinya dong om. kl harian lumayan rajin. trimakasih.

    ReplyDelete